Jum’at/ 1 Maret 2024, Departemen Statistika UNP mengadakan kuliah umum dengan narasumber dari Universitas Indonesia yaitu Dr. Fevi Novkaniza, S.Si., M.Si. yang saat ini menjabat sebagai Ketua Program Studi Aktuaria di UI.

Kuliah umum ini memberikan gambaran kepada mahasiswa bahwa ilmu aktuaria sangat erat kaitannya dengan ilmu statistika. Beberapa topik mata kuliah di ilmu statistika seperti statistika matematika, teori peluang, statistika inferensia, analisis survival, pemodelan, dll harus dikuasai oleh seorang calon aktuaris yang akan mengambil ujian profesi. Selain itu bahasa pemrograman seperti R dan Python juga menjadi bagian ilmu yang harus dikuasai oleh seorang aktuaris. Semua topik mata kuliah tersebut tentunya sudah pernah di tekuni oleh mahasiswa statistika sebelum mereka lulus kuliah. Sehingga, lulusan statistika memilki kesempatan yang besar untuk menjadi seorang aktuaris.

Selain itu, narasumber juga menjelaskan topik-topik penelitian mengenai data aktuaria yang dapat dimodelkan dengan pemodelan statistika. Salah satunya yaitu dengan menggunakan Generalized Linear Model yang mampu memodelkan kejadian-kejadian dalam data aktuaria. Begitu juga dengan pengembangan model seperti Generalized Additive Model, dan pengembangan distribusi lainnya. Sehingga, dengan adanya kuliah umum ini semoga dapat membuka wawasan yang lebih luas bagi mahasiswa statistika.

Print Friendly, PDF & Email