Kegiatan lomba NSC merupakan serangkaian kegiatan kompetisi Statistika Ria dan Festival Sains Data atau yang disingkat dengan Satria Data. Kompetisi ini merupakan kompetisi yang mengukur kemampuan mahasiswa dalam bidang statistika, sains data, serta penerapannya. Kemampuan softskill dan hardskill dalam bidang statistika akan diuji dalam kompetisi ini. Ada sebanyak 4 bidang lomba yang diperebutkan medalinya, salah satunya yaitu National Statistics Competition atau yang disingkat dengan NSC.

Lomba NSC ini dilaksanakan berbentuk ujian dengan beberapa soal-soal ilmu statistika. Ilmu statistika yang diujikan dimulai dari materi-materi metode statistika murni hingga metode statitika penerapannya yang sudah dipelajari oleh mahasiswa saat perkuliahan. Kemampuan lain yaitu mahasiswa juga diuji dalam menganalisis data secara cepat dan akurat. Sehingga pada bidang lomba ini mahasiswa dituntut agar memiliki intelektualitas yang tinggi, ketepatan dan kecepatan dalam menganalisis masalah, serta memberikan solusi yang tepat dari permasalahan tersebut.

Sebelum mengikuti kegiatan Lomba NSC ini, mahasiswa departemen statistika yang sudah mendaftar untuk mengikuti lomba NSC diberikan pelatihan selama 2 minggu oleh dosen yang mengampu mata kuliah tertentu. Pelatihan ini dapat memberikan gambaran serta mengasah kemampuan mahasiswa peserta sebelum mengikuti lomba. Kegiatan lomba NSC dilaksanakan secara daring, dan peserta NSC dari mahasiswa departemen statistika UNP mengikutinya secara bersama di Laboratorium Statistika UNP.

Lomba yang selenggaranya dilaksanakan pada 2 Juni 2024 diundur menjadi 3 Juni 2024. Sebelum itu, Puspresnas memberikan kesempatan ujia coba kepada peserta hingga 2 Juni dengan 2 kali kesempatan percobaan.

Print Friendly, PDF & Email