Capaian pembelajaran (CP) program studi disusun dengan mempedomani deskripsi capaian pembelajaran lulusan yang tertuang dalam KKNI dan SN-Dikti. Khusus untuk rumusan sikap dan keterampilan umum sebagai bagian dari capaian pembelajaran lulusan disusun dengan mempedomani Lampiran Permen Ristek-Dikti Nomor 44 tahun 2015 tentang SNPT. Sedangkan, rumusan pengetahuan dan keterampilan khusus disusun berdasarkan hasil diskusi Forum Pendidikan Tinggi Statistika Indonesia (FORSTAT). Rumusan capaian pembelajaran dimaksud disesuaikan dengan Level 6 KKNI dan SN-Dikti. Capaian pembelajaran Program Studi Statistika FMIPA UNP dirumuskan sebagai berikut.

Sikap:

S-1: Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religious

S-2: Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika

S-3: Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila

S-4: Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa

S-5: Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain

S-6: Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan

S-7: Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara

S-8: Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik

S-9: Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang Statistika secara mandiri

S-10: Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan.

Keterampilan Umum:

KU-1: Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembang-an atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang  memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang Statistika

KU-2: Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur

KU-3: Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi keilmuan statistika yang memperhati-kan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni.

KU-4: Menyusun deskripsi saintifik hasil kajian statistika dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi

KU-5: Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang Statistika, khususnya bidang kependidikan, pemerintahan, ekonomi, dan lingkungan berdasarkan hasil analisis informasi dan data

KU-6: Mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya

KU-7: Mampu bertanggungjawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggungjawabnya

KU-8: mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada dibawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri

KU-9: mampu mendokumentasikan, menyimpan, meng-amankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi.

Keterampilan Khusus:

KK-1: Mampu menyusun dan/atau memilih rancangan pengumpulan/pembangkitan data yang efisien dan menerapkannya dalam bentuk survei, percobaan, atau simulasi

KK-2: Mampu melakukan manajemen dan analisis data menggunakan teknik-teknik statistika dengan bantuan software statistika

KK-3: Mampu menyelesaikan permasalahan nyata secara statistika serta mampu menyajikan dan mengkomu-nikasikan dalam bentuk yang mudah dipahami baik secara tertulis maupun lisan

Pengetahuan:

P-1: Menguasai konsep teoritis keilmuan statistika dan metode-metode analisis statistika yang dapat diaplikasikan pada bidang kependidikan, pemerintahan, ekonomi, dan lingkungan

P-2: Menguasai minimal dua software statistika, termasuk software yang berbasis open source

P-3: Mampu memformulasikan masalah pada bidang kependidikan, pemerintahan, ekonomi, dan lingkung-an dan mampu menyelesaikan dengan mengguna-kan model-model statistika yang sesuai

Print Friendly, PDF & Email