Capaian pembelajaran (CP) program studi disusun dengan mempedomani deskripsi capaian pembelajaran lulusan yang tertuang dalam KKNI dan SN-Dikti. Khusus untuk rumusan sikap dan keterampilan umum sebagai bagian dari capaian pembelajaran lulusan disusun dengan mempedomani Lampiran Permen Ristek-Dikti Nomor 44 tahun 2015 tentang SNPT. Sedangkan, rumusan pengetahuan dan keterampilan khusus disusun berdasarkan hasil diskusi Forum Pendidikan Tinggi Statistika Indonesia (FORSTAT). Rumusan capaian pembelajaran dimaksud disesuaikan dengan Level 6 KKNI dan SN-Dikti. Capaian pembelajaran Program Studi Statistika FMIPA UNP dirumuskan sebagai berikut.
Sikap:
S-1: Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religious
S-2: Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika
S-3: Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila
S-4: Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa
S-5: Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain
S-6: Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan
S-7: Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara
S-8: Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik
S-9: Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang Statistika secara mandiri
S-10: Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan.
Keterampilan Umum:
KU-1: Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembang-an atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang Statistika
KU-2: Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur
KU-3: Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi keilmuan statistika yang memperhati-kan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni.
KU-4: Menyusun deskripsi saintifik hasil kajian statistika dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi
KU-5: Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang Statistika, khususnya bidang kependidikan, pemerintahan, ekonomi, dan lingkungan berdasarkan hasil analisis informasi dan data
KU-6: Mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya
KU-7: Mampu bertanggungjawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggungjawabnya
KU-8: mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada dibawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri
KU-9: mampu mendokumentasikan, menyimpan, meng-amankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi.
Keterampilan Khusus:
KK-1: Mampu menyusun dan/atau memilih rancangan pengumpulan/pembangkitan data yang efisien dan menerapkannya dalam bentuk survei, percobaan, atau simulasi
KK-2: Mampu melakukan manajemen dan analisis data menggunakan teknik-teknik statistika dengan bantuan software statistika
KK-3: Mampu menyelesaikan permasalahan nyata secara statistika serta mampu menyajikan dan mengkomu-nikasikan dalam bentuk yang mudah dipahami baik secara tertulis maupun lisan
Pengetahuan:
P-1: Menguasai konsep teoritis keilmuan statistika dan metode-metode analisis statistika yang dapat diaplikasikan pada bidang kependidikan, pemerintahan, ekonomi, dan lingkungan
P-2: Menguasai minimal dua software statistika, termasuk software yang berbasis open source
P-3: Mampu memformulasikan masalah pada bidang kependidikan, pemerintahan, ekonomi, dan lingkung-an dan mampu menyelesaikan dengan mengguna-kan model-model statistika yang sesuai