Berangkat meninggalkan jabatan ketua program studi dan pulang ditunggu dengan posisi yang sama untuk periode yang berbeda di departmen yang telah mekar, dari Jurusan Matematika hingga Departemen Matematika dan Departemen Statistika merupakan gambaran yang paling tepat menceritakan salah satu episode perjalanan karir Dr. Yenni Kurniawati, M.Si. Bagaimana tidak, meninggalkan UNP pada tahun 2018 untuk melanjutkan studi doktoral di IPB University dengan perjuangan yang tidak mudah. Bagaimana tidak, dengan segala kendala dan hadangan yang muncul dikala itu, tidak menyurutkan semangat ummi dari Najla, Khansa dan Akhtar untuk berangkat.

Mendapatkan nilai tertinggi pada banyak mata kuliah, bukan hal baru bagi Yenni yang hari ini secara resmi berhak menyandang gelar doktor setelah berhasil mempertahankan disertasinya di hadapan tim penguji dalam sidang terbuka. Dihadiri rektor UNP, Prof Ganefri, PhD, yang juga juga bertugas sebagai penguji eksternal, Dr Yenni dengan penuh meyakinkan menyajikan risetnya dengan judul Pendugaan Area Kecil Berhirarki Untuk Luas Panen Padi Berbasis Survei KSA-BPS dengan Memanfaatkan Citra Satelit LANDSAT 8.

Bak gayung bersambut, itulah cerita di balik promotor yang pernah beliau ceritakan di Departemen Statistika setelah menyelesaikan ujian tertutup beberapa pekan lalu mengenai sosok Prof. Dr. Ir. Hari Wijayanto, M.Si. Demikian pula dengan promotor beliau lainnya, Dr. Anang Kurnia, M.Si; Dr. Ir. Dede Dirgahayu Domiri, M.Si; dan Dr. Ir. Budi Susetyo, M.S.

Tegang dan cemas pastilah ada ketika harus menghadapi pertanyaan dari promotor eksternal Dr. Ir. Baba Barus, M.Sc (IPB University) dan Prof. Drs. Ganefri, M.Pd, Ph.D (Rektor Universitas Negeri Padang). Namun, kehadiran keluarga tercinta, suami beserta ketiga anaknya, memberikan semangat yang tak terkira bagi Dr Yenni dalam menghadang ujian terbuka hari ini. Demikian pula dukungan dari keluarga akademik, sivitas akademika UNP, rektor dan turut hadir dekan FMIPA UNP, Dr Yulkifli, M.Si bersama rekan sejawat dan alumni. Kelulusan Yenni juga merupakan hadiah, sitawa sidingin, bagi kedua orang tuanya yang tidak bisa hadir karena menjali perawatan kesehatan.

Ujian terbuka pada hari ini menyematkan nama Dr Yenni sebagai doktor statistika pertama di Universitas Negeri Padang. Sebelumnya, Departemen Statistika telah melahirkan 3 doktor statistika dengan kepakaran masing-masing, yaitu Bapak Dr. Dony Permana, M.Si, Bapak Dr. Syafriandi, M.Si dan Bapak Dodi Vionanda, PhD.

Keluarga besar Departemen Statistika Universitas Negeri Padang mengucapkan selamat atas gelar Doktor yang diraih saudara Yenni Kurniawati, M.Si. Semoga ilmu yang telah diperoleh menjadi ilmu yang bermanfaat bagi kita semua.

Print Friendly, PDF & Email