Berakhirnya kegiatan akademik diiringi dengan rangkaian penerimaan mahasiswa baru merupakan rutinitas tahunan perguruan tinggi. Demikian pula kegiatan PKKMB (Pengenalan Kehidupan Kampus Bagi Mahasiswa Baru) menjadi jembatan penyesuaian diri. Pencarian jati diri bagi mahasiswa diawali disini. Kegiatan yang bajanjang turun terlaksana semenjak 14-19 Agustus 2023 yang terpusat di UNP. Mahasiswa dibagi dalam 3 gugus dengan kegiatan masing-masingnya dalam 2 hari. Selanjutnya kegiatan dilanjutkan di fakultas dan masing-masing departemen yang berjalan seiring pada Ahad, 20 Agustus 2023. Departemen Statistika bersama Biologi dan Kimia mengawali kegiatan di Departemen masing-masing, berupa pengenalan dosen dan tenaga kependidikan, Kurikulum dan Cara Efektif Belajar di Perguruan Tinggi, Sistem Administrasi Akademik dan Organisasi Kemahasiswaan.

Dalam kegiatan pengenalan dosen dan tendik yang dihadiri segenap staff, tampak antusiasme mahasiswa baru, tak luput pula mahasiswa senior yang pada hari ini bertugas sebagai panitia. Kegiatan yang diselenggarakan di Ruang Standar Departemen Matematika FMA02113-FMA02116 tidak cukup menampung mereka semua, sehingga hanya penanggungjawab acara yang ikut bergabung di dalam ruangan.

Dalam sambutannya, Kadep Dodi Vionanda, Ph.D menyampaikan kepada mahasiswa baru untuk menyerahkan diri kepada Allah atas apapun yang terjadi. Agar Allah memberikan kemudahan untuk meraih kesuksesan di masa yang akan datang, dan jangan lupa doakan dosen kita disini agar senantiasa sehat dan mampu mengemban amanah mengantarkan anda menuju masa depan yang cemerlang. Selain itu, sebagai dosen senior Departemen Statistika, Dr. Syafriandi, M.Si, memberikan pesan agar tidak lupa dengan orang tua. Pergi merantau, kuliah ke Departemen Statistika UNP untuk menyonsong masa depan. Dalam perjalanannya, akan rintangan dan kendala pasti ada, lupa tujuan kenapa ke Padang juga sering terjadi. Untuk itu, setiap mahasiswa perlu memajang foto kedua orang tua di kamar kosan agar tidak kembali ke jalan yang benar. Tanpa ridha keduanya, keberhasilan mustahil diperoleh.

Selanjutnya, pada sesi siang, berkebalikan dengan Departemen Matematika, Fisika, Pendidikan IPA dan Agroindustri melanjutkan kegiatan Pengenalan Nilai Budaya, Etika, Tata Krama dan Norma Kehidupan bersama Drs. Ardi, M.Si; Pemaparan Sarana, Prasarana Pembelajaran oleh Dr. Yuni Ahda, M.Si; Sistem Pelayanan Akademik dan Kemahasiswaan oleh Fitri Amelia, Ph.D dan Perkenalan Lembaga Kemahasiswaan oleh Dr. Irwan, M.Si.

Semangat PKKMB 2023 yang ditularkan mahasiswa senior dengan jargon “Kenali diri kita, siapa kita, statistika, jaya, jaya, jaya, Salam Sigma” sukses mengompori semangat maba dalam kantuk yang melanda di tengah kegiatan.

Print Friendly, PDF & Email