Menghadirkan Yunanto Cahyo Putranto, Unique mix of Engineer, Analyst and Strategist yang tengah bertugas di Widam Food Company, Doha, Qatar sebagai business analyst sejak 2019 hingga sekarang, Departemen Statistika buka pemikiran calon lulusan untuk bekerja ke luar negeri. Pemateri yang memulai karir di bidang teknik pada tahun 2004 dan beralih ke tambang data sejak tahun 2018 disambut antusias oleh sivitas akademika statistika UNP.

Acara yang dihelat Sabtu (14/10) secara hybrid melalui zoom meeting, dibuka oleh Wakil Dekan I FMIPA UNP, Dr. Yuni Ahda, M.Si. Dalam menghadapi pekerjaan, kita akan berhadapan dengan kondisi ini. Getting an overseas job is not impossible for the fresh graduate, nor for students. Time is precious, get the best out of it. You might feel tired, sleepless, broke, give up. Just do it and move forward. One day you will thank those days.

Dalam kuliah umumnya, Yunanto menjelaskan How to get the job: define your goals, reasearch your target country, family consideration. Ada beberapa syarat yang bisa dilanggar ketika melamar pekerjaan. Misalnya, jika dipersyaratkan pengalaman kerja sekian tahun, tapi belum memenuhi, jangan serta merta tidak mendaftar. Silahkan coba saja. Akan lebih baik gagal karena mencoba daripada tidak mencoba sama sekali.

Yunanto menyampaikan, untuk memutuskan apakah menerima atau menolak pekerjaan, beliau selalu memperhatikan tiga prinsip: earn, learn and contribution. Jika tidak cocok, ya tolak. Jika sesuai dengan harapan, lanjutkan.

Menghadapi wawancara pekerjaan, perlu diperhatikan beberapa hal sebelum, saat dan setelah interwiew itu sendiri. Sebelum wawancara, pastikan berpakaian yang tepat, pelajari perusahaan yang dilamar, review deskripsi pekerjaan, latihan beberapa pertanyaan dan siapkan pertanyaan sendiri. Selama interview, jangan sampai terlambat, perhatikan bahasa tubuh, dengar dengan efektif, tunjukkan skill dan antusiasme, hindari bicara masalah gaji kecuali ditanya terlebih dahulu. Setelah wawancara jangan lupa untuk memfollow up, melakukan refleksi dan pelajari wawancara yang baru saja dilakukan, dan persiapkan diri untuk babak berikutnya.

Sebelum melamar pekerjaan, nilai sendiri perkerjaan itu terlebih dahulu. Pelajari mengenai kompensasi dan keuntungan yang akan diperoleh, aturan pekerjaan dan tanggungjawab, jadwal bekerja, pengembangan profesional dan perhatikan kata hati.

Statistics is a foundation. Understanding statistics is important and necessary for successful data analysis, ML, and AI. Job variaty and industry type is getting wider along with broader mastery of knowledge in data domain. Statistics is like a passport, which can bring us to global career. Technology-based roles projected to be the fast-growing job. AI and ML Specialist are at the top of the list. Before anything else. Define the goal and determine the reason for wanting to work overseas. Generally preparation for overseas job is similar to the domestic one. However overseas job require consideration on more aspects such culture sensitivity and working with people with diverse background.

Print Friendly, PDF & Email