Program studi Diploma III (D-III) Statistika dan (D-III) Teknik Pertambangan Universitas Negeri Padang (UNP) Adakan Expo Mining dan Data Science, dengan mengusung tema “Penguatan: Tata Kelola dan Kemitraan” yang diselenggarakan di Aula FMIPA, Rabu (8/11).
Acara ini dihadiri oleh, Ir. Krismadinata, S.T., M. T., Ph.D., selaku Dekan FT UNP, Dr. Yuni Ahda, M.Si selaku Wakil Dekan I FMIPA, Dr. Irwan, M.Si selaku Wakil Dekan II FMIPA UNP, Dr. Yudi Antomi, M.Si., selaku Direktur Sekolah Vokasi UNP, Dr. Yenni Kurniawati, S.Si., M.Si., selaku Kepala Departemen Statistika, Dr.Rudy Anarta, S.T, M.T., selaku Kepala Departemen Teknik Pertambangan. Mitra dari Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), Badan Pusat Statistika (BPS), PT. Semen Padang, Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) dan lainnya. Serta Dosen dan mahasiswa dari Statistika dan Teknik Pertambangan Universitas Negeri Padang.
Acara ini dibuka dengan tari pasambahan dari mahasiswa Statistika Universitas Negeri Padang.
Dr. Ir. Rudy Anarta, S.T., M.T., selaku ketua Tim EXPO Mining dan Data Science mengucapkan terima kasih kepada tamu undangan dan pemateri seminar yang telah menghadiri pembukaan Expo ini.
Dr. Bambang Heriadi M.T selaku Ketua Tim Taksforce Comprititive Fund Vokasi UNP memberikan sambutan sekaligus membuka acara ini. Ia menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan bagian dari Competitive Fund UNP. Ia menyampaikan kegiatan ini secara tidak langsung memperkenalkan produk-produk program studi vokasi sehingga diharapkan dapat menjadi gambaran kemana bidang yang akan digeluti.
Acara ini menyelenggarakan Seminar dan Pameran. Adapun pemateri pada seminar Statistika yaitu Prof. Dr. Hardius Usman, S.Si, M.Si., selaku Wakil Direktur II Bidang Umum Politeknik Statistika STIS, Dr. Anang Kurnia, S.Si., M.Si selaku Ketua Ikatan Statistisi Indonesia (ISI), Eddy Sahputra, S.T., MAuslMM.,IPM selaku General Manager PT. Pegasus Mineral Nusantara, Novriadi, S.T.,M.T selaku General Manager PT.Draba Mineral Internasional, dan Ir.Okky Chandra Perdana, S.T.,M.T selaku General Manager Operations PT.Anggun Permai Tekindo.
Pengunjung terus berdatangan dari mahasiswa Statistika dan Teknik Pertambangan, mereka saat antusias mengikuti dan menghadiri stand-stand yang tersedia di pameran, bahkan hanya sekedar berburu souvenir saja.
Salah satu stand dari statistika yaitu Pojok Statistika UNP. Muhammad Faisal selaku Ketua Agen Pojok Statistika UNP menyampaikan bahwa produk yang disediakan dari stand Pojok Statistik yaitu melayani konsultasi statistik, edukasi statistik, ruang literasi, serta kegiatan pendukung lainnya seperti join research, karya tulis ilmiah, olah data statistik dll. Serta mengarahkan pengunjung untuk membuat akun pojok statistik virtual (PSV) yang berguna untuk pelayanan via online. Dan untuk mengundang antusias pengunjung, stand ini adakan kuis yang berhadiah souvenir menarik dari BPS.
Salah satu stand dari Teknik pertambangan yaitu Mining Stand. Zefriansyah selaku PJ stand penelitian menyampaikan bahwa produk yang tersedia di stand ini yaitu poster hasil penelitian cave mapping, poster-poster penelitian tentang potensi-potensi mineral di Sumatera Barat, seperti pasir besi, batu gamping dll. Selain itu stand ini juga menjelaskan tentang penggunaan alat ukur tambang kepad pengunjung yang mampir. (SR/S1-21)

Print Friendly, PDF & Email