Bidang Pengabdian Masyarakat (PENGMAS) Himpunan Mahasiswa Statistika (HIMASTA) Universitas Negeri Padang (UNP) Adakan Sinergi Gerakan Statistika Mengabdi (SIGMA) Statistika 2023 dengan mengusung tema “Sumarak Statistika Mengabdi, Basamo, Basatu, Bamasyarakat di Bumi Tampek Baguru”, Kegiatan ini diadakan mulai tanggal 17 sampai 19 November di Korong Sijangek, Nagari Sungai Durian. Dan diikuti oleh mahasiswa Departemen Statistika Angkatan 2022 dan 2023.

Pelepasan sigma diadakan pada Jumat (17/11) pagi di depan Gedung Kelas Terpadu C, dan dihadiri oleh Dr. Yuni Ahda, S.Si, M.Si selaku Wakil Dekan (WD) I Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA), Kepala Departemen Statistika UNP, Dr. Yenni Kurniawati, S.Si, M.Si, serta dosen Departemen Statistika.

Pembukaan sigma diadakan pada Jumat (17/11) sore di bumi perkemahan korong Sijangek dan dibuka oleh Dr. Irwan, M.Si selaku WD II Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA), Kepala Departemen Statistika UNP, Dr. Yenni Kurniawati, S.Si, M.Si, Walinagari Sungai Durian, Asperizal, serta dosen Departemen Statistika.

Acara pembukaan dimulai dengan tari pasambahan dari mahasiswa departemen statistika, kata sambutan dari walinagari Sungai Durian dan dibuka secara resmi oleh Dr. Irwan, M.Si selaku WD II FMIPA, pemasangan scarf secara simbolis kepada peserta perwakilan Angkatan 2022 dan 2023 serta penyerahan lapangan dari pionir ke ketua pelaksana sigma. Kemudian pembukaan ditutup dengan sesi foto bersama WD II dengan semua peserta pada acara pembukaan.

Malam harinya, penampilan minat bakat dari masing-masing perwakilan kelas dan diselingi oleh fashion show Angkatan 2022 dan 2023.

Pada Sabtu (18/11) sekitar pukul 08.00 WIB peserta dan dosen bersiap untuk kegiatan pengabdian pada sigma ini seperti  pengabdian dosen yaitu pelatihan excel kepada guru-guru di SDN 04 Patamuan dan SMP Negeri 01 Patamuan. Selain itu juga dilakukan Survei Ekonomi, penanaman pohon,  dan gotong-royong di salah satu fasilitas masyarakat.

Sabina Chairun Najwa, salah satu mahasiswa yang bertugas dalam tim dosen mengungkapkan bahwa tujuan diadakannya pengabdian dosen ini karena dosen memiliki kewajiban untuk mengabdi kepada masyarakat dengan mengadakan pelatihan untuk membantu dan menambah ilmu bagi masyarakat. Ia menambahkan kegiatan pengabdian ini sebagai wadah Departemen Statistika untuk dapat menerapkan dan memberikan ilmu statistika untuk membantu masyarakat salah satunya di bidang pendidikan.

Penanggung jawab survei ekonomi, Fayyadh Ghaly mengungkapkan bahwa tujuan utama dari kegiatan survei ini adalah sebagai sarana implementasi ilmu yang telah dipelajari oleh mahasiswa Statistika. Ia menambahkan tidak hanya dalam teori, tetapi sebagai statistisi juga dituntut untuk paham dengan praktik dan kondisi di lapangan.

Mahasiswa S1 TM 22, Dhio Ervandi  salah satu peserta survei mengungkapkan bahwa survei ini merupakan survei pertama nya, dan menjadi kesempatan bagi nya untuk belajar dan praktik dalam lapangan, serta interaksi dengan responden.

Penanggung jawab pengabdian masyarakat, Raihan Athaya Wudd menyampaikan bahwa tujuan diadakannya pengabdian masyarakat melalui goro dan penanaman bibit merupakan bentuk pengabdian kepada masyarakat dalam melaksanakan tanggung jawab terhadap lingkungan sekitar, memperkuat rasa solidaritas dan kebersamaan diantara peserta sigma.

Mahasiswa D3 TM 22, Rafif Ade Putra salah satu peserta penanaman bibit mengungkapkan kegiatan ini sangat positif karena pentingnya peran kita dalam menjaga keberlanjutan lingkungan dan memberikan kepuasan pribadi setelah melakukan penanaman pohon ini.

Pada sabtu (18/11) sore diadakan games seperti rangking 1, estafet karton, sedotan karet, dan estafet sarung. Selain peserta, games ini juga turut dimeriahkan oleh dosen dan pionir yang turut bertanding estafet karton.

Menjelang pukul 20.00 WIB, acara puncak dimulai dengan penampilan yel-yel serta parodi dari masing-masing kelas. Semua peserta sangat antusias mengikuti dan menyiapkan yel-yel terbaik nya. Penampilan yel-yel dan parodi terus berlanjut hingga pukul 23.30 WIB. Kemudian peserta diarahkan untuk duduk mengitari api unggun dan menikmati nya hingga peserta yang sudah merasa letih diperbolehkan untuk kembali ke tenda masing-masing untuk beristirahat.

Pada Minggu (19/11) pagi sekitar pukul 05.00 WIB, peserta melaksanakan sholat subuh berjamaah, lalu pada pukul 06.00 WIB senam, selanjutnya makan pagi dan persiapan packing alat-alat pribadi dan alat-alat tenda.

Pada pukul 09.00 WIB pengumuman pemenang lomba dan penutupan sigma, yang dalam hal ini ditutup oleh Dr. Syafriandi, M.Si dan setelah rangkaian penutupan selesai, peserta diarahkan menuju bus masing-masing dan pulang ke UNP. (SR-mhs S1-21)

Print Friendly, PDF & Email