Kuliah umum dengan tema Metode Riset di Industri Marketing Riset menghadirkan praktisi Indojalin Survey, Intan Ratna Juita pada Rabu siang (13/12).
Kegiatan yang membangunkan minat mahasiswa terhadap riset pemasaran, diawali dengan kuis terkait konsep dasar marketing riset. Mahasiswa dengan background ataupun tanpa background mata kuliah riset pemasaran haruslah nyambung dengan istilah ini. Banyak problem yang harus diidentifikasi terkait pasar dan konsumen. Hal ini mendorong minculnya kebutuhan proses perancangan, pengumpulan, analisa dan pelaporan tmyang terintegrasi pada data yang relevan dengan kondisi bisnis perusahaan, sehingga industri ini makin berkembang dengan baik. Alumni statistik sangat mudah terserap pada bidang ini.
Metode riset qualitatif seringkali tak terhindarkan dalam industri riset. Belakangan ini, FGD-focus group discussion, in-depth interview, observation method, etnography yang melibatkan budaya dan lingkungan sosial.
Selain itu, dalam metode kuantitatif sering digunakan mail survey, computer assisted telephone interviewing (CATI), face to face interview, computer assisted personal interviewing, mystery shopping, gang, eye track.
Namun belakangan, banyak new wave research seperti online survey (panels), netnography, integrated media monitoring, online mystery shopping, dan retail mapping dashboard.