Implementasikan perjanjian kerjasama, BPS Provinsi Sumatera Barat terima mahasiswa Departemen Statistika magang. Pada semester ini, terdapat 10 mahasiswa Departemen Statistika yang sekaligus agen statistik yang bertugas di Pojok Statistik. Adapun mahasiswa yang terlibat adalah Leofany Zahra, Desi Rahmawati, Muhammad Faisal, Sarah Habibah, Ulya Syafitri J, Zahrani Asyati Zulika, Miftahul Aulia, Sofhie Aulia, Wendya Firma Sagita, dan Raihan Attaya Wudd. Tiga diantaranya adalah mahasiswa D3 Statistika angkatan 2022 dan sisanya mahasiswa S1 Statistika angkatan 2021.

Kegiatan yang dimulai pada tanggal 5 Februari 2024 ini diawali dengan serah terima mahasiswa yang diantar Kadep dan Kalab Statistika, dan diterima langsung oleh kepala BPS Sumatera Barat. Dalam sambutannya, bapak Sugeng Arianto, M.Si mengingatkan kembali mengenai konsep dasar statistik dalam kaitannya dengan pekerjaan statistisi di BPS Provinsi Sumatera Barat. Selain itu, tugas dan fungsi BPS dalam hal edukasi, literasi dan promosi menjadi penekanan sendiri bagi mahasiswa magang dalam program MBKM.

Dalam kegiatan magang MBKM di BPS Provinsi Sumatera Barat, mahasiswa akan bertugas di pojok statistik dengan sistem piket 2 orang per hari, diharapkan Pojok Statistik UNP ikut berpartisipasi memenangkan Pojok Statistik Award yang dilaksanakan tahunan antar pojok-pojok statistik seluruh Indonesia. Untuk praktek lapangan, mahasiswa akan melakukan pengamatan pendataan di lapangan bersama BPS Kota Padang, mahasiswa diminta berpartisipasi dalam memberikan dukungan pelaksanaan podes, desa cantik di kelurahan. Mahasiswa juga akan ditugaskan melakukan listing infrastruktur dan survey kepuasan masyarakat pada pelayanan di kelurahan. Selain itu, mahasiswa dididik dalam format webinar bersama mahasiswa magang di BPS se-lingkungan Sumatera Barat setiap pekan untuk topik-topik yang tidak diperoleh di bangku perkuliahan.

Print Friendly, PDF & Email