Pelaksanaan Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) yang merupakan rangkaian kegiatan terstruktur dari UNP dilakasanakan dalam beberapa tahapan sesuai jalur masuk mahasiswa. PKKMB jalur masuk SBMPTN dilaksanakan pada Kamis-Sabtu/ 6-8 Agustus 2020. Pada dua hari pertama, dipimpin langsung oleh Rektor UNP, Prof Ganefri, PhD membahas mengenai Pembinaan Gerakan Nasional Revolusi Mental: Indonesia Melayani, Bersih, Tertib, Mandiri dan Bersatu. Kemudian dilanjutkan dengan Sistem Pendidikan Tinggi dan Sistem Belajar Daring oleh Wakil Rektor I dan Tim PTIK, serta Pelayanan dan Pembinaan ormawa oleh Wakil Rektor III dan BEM UNP. Di sela pengenalan Tridarma yang begitu padat, tidak ketinggalan Pengenalan Tatanan Kehidupan Baru dalam Masa Pandemi Covid 19 oleh Ketua Satgas Covid 10 UNP, ibu Dr. dr. Linda Rosalina, S.Ked, M.Biomed. Bagaimana mahasiswa harus menyesuaikan diri dengan kehidupan yang benar-benar baru. Tidak hanya status sebagai mahasiswa yang baru, namun cara belajar sebagai mahasiswa juga baru. Bagaimana menghadapi dan mengalahkan semua kendala dan menjadi sukses menjadi sarjana.

Setelah melaksanakan kegiatan yang cukup padat di UNP pada dua hari pertama, PKKMB hari ketiga dilaksanakan di Fakultas. Pada sesi pertama dilaksanakan di tingkat fakultas mengenai Pengenalan budaya, etika, tata krama dan norma kehidupan kampus; Pemaparan sarana prasarana pembelajaran serta sistem pelayanan akademik kemahasiswaan di fakultas serta perkenalan ormawa selingkungan FMIPA.

Pada sesi siang, dilaksanakan perkenalan dengan dosen dan sivitas akedemika Jurusan Statistika secara langsung melalui Zoom Cloud Meeting.

Pada sesi perkenalan yang dipimpin Koordinator Program Studi Diploma III Fitri Mudia Sari, M.Si, para dosen Jurusan Statistika berpesan kepada para mahasiswa baru agar memulai menata diri sebagai mahasiswa: jangan lagi menganggap masih siswa SMA yang nilainya berdasarkan KKM. Perkuliahan adalah pertarungan melawan diri sendiri.

Rangkaian kegiatan di Jurusan, dilanjutkan dengan Kurikulum, Cara Belajar Efektif di Era Revolusi Industri 4.0 dan Sistem Pembalajaran di Jurusan Statistika yang disampaikan oleh Koordinator Program Studi Sarjana Statistika yang sekaligus Ketua Jurusan Statistika, Dr. Dony Permana, M.Si. Salah satu poin penting paparan Pak Dony adalah mengenai merdeka belajar yang mulai diterapkan pada Semester Juli-Desember 2020 ini.

Selanjutnya, Dra. Nonong Amalita, M.Si yang merupakan Sekretaris Jurusan Statistika menjelaskan mengenai Pengenalan Kegiatan Organisasi Kemahasiswaan Jurusan dan Prodi. Dalam paparannya, Bu Nonong menjelaskan berbagai dinamika kehidupan kampus, mulai dari bagaimana berpakaian, etika dan adab selama di kampus, regulasi-regulasi tertulis ataupun tidak tertulis yang berlaku di Jurusan Statistika khususnya, dan UNP secara umum.

Print Friendly, PDF & Email