Musyawarah Nasional atau MUNAS merupakan kekuasaan tertinggi dalam FORSTAT dilaksanakan di Politeknik Statistika STIS pada 7-8 Maret 2024. Kegiatan diawali dengan konferensi internasional FORSTAT-ICON1 dengan tema Data Revolution for Enhancing Data-Driven Decision Making dengan keynote speaker Dr. Eng. Imam Machdi yang membahas strategi pengambilan keputusan berbasis data. Pada sesi paralel menghadirkan Prof. Karl Sigman, Deepa Wright, dan Dr. Eric Alan Vance masing-masing membicarakan penyajian Model Antrian Kebijakan Transmisi Adaptif-Kuasi-Deterministik (AQDTP), 𝘉𝘪𝘨 𝘋𝘢𝘵𝘢 melalui The Person Level Integrated Data Asset (PLIDA), dan memperkenalkan LISA 2020 Global Network yang berfokus pada pelatihan generasi berikutnya dan infrastruktur penelitian untuk mengubah bukti menjadi tindakan guna memecahkan masalah dunia nyata.

Hari kedua diawali dengan GB Talk yang menghadirkan Prof. Setia Pramana, M.Sc, Ph.D dari Politeknik Statistika STIS dan Prof. Dr. Titin Siswantining, D.E.A dari Universitas Indonesia. Dalam paparan keduanya, tidak lupa menyebutkan tokoh penting di balik capaian tertinggi keduanya. Kegiatan ini menjadi pembuka musyawarah utama Forstat.

Pada sidang pemilihan ketua yang diawali dengan sambutan Ketua FORSTAT 2024-2026 & penetapan pokok-pokok program kerja, dan pembahasan usulan perubahan AD/ART. Pemilihan ketua dilaksanakan secara musyawarah mufakat, namun dalam pelaksanaan demokrasi ditutup dengan voting melalui https://munasforstat.stis.ac.id dimana satu instansi hanya berhak memberikan satu suara. Adapun calon yang bersedia adalah Dr. Bagus Sartono, M.Si dan Dr. Farit Mochamad Afendi, M.Si dari IPB University, dan Prod. Dr. rer. nat. Dedi Rosadi, M.Si dari UGM. Berdasarkan hasil voting 43 anggota, terpilihlah Dr. Bagus Sartono, M.Si sebagai Ketua Forstat periode 2024-2026.

Selanjutnya, berdasarkan pilihan ketua dan usulan peserta munas, ditetapkan Ramya Rachmawati, Ph.D dari Universitas Bengkulu sebagai Wakil Ketua Wilayah I, Dr. Sri Wahyuningsih, M.Si dari Universitas Mulawarman sebagai Wakil Ketua Wilayah II, Aswi, S.Pd, M.Si, Ph.D dari Universitas Negeri Makassar sebagai Wakil Ketua Wilayah III, Dr. Aceng Komarudin dari Universitas Islam Bandung sebagai Wakil Ketua Wilayah IV, Dr. Edy Widodo, M.Si dari Universitas Islam Indonesia sebagai Wakil Ketua Wilayah V serta Dr. Suci Astutik, M.Si dari Universitas Brawijaya sebagai Wakil Ketua Wilayah VI.

Print Friendly, PDF & Email