Istilah lesson study mungkin masih terasa asing di tengah pembelajaran dewasa ini. Metode pembelajaran yang telah lama diteliti dan digunakan di Jepang merupakan salah satu pembelajaran yang bersifat terbuka, dimana pembelajaran dirancang, dilaksanakan dan dievaluasi oleh banyak orang. Dari sisi materi, Distribusi Peluang yang meliputi distribusi binomial dan distribusi normal juga menjadi momok bagi guru. Untuk itu, Tim yang terdiri dari Drs. Syafriandi, M.Si sebagai ketua bersama Dra. Nonong Amalita, M.Si dan Dina Fitria, M.Si sebagai anggota memperjuangkan proposal kegiatan yang akhirnya didanai UNP melalui Pengabdian Kepada Masyarakat dengan dana PNBP pada skema Program Kemitraan Masyarakat.

Proposal dengan judul Program Kemitraan Masyarakat Dengan MGMP Matematika Kabupaten Pesisir Selatan diiplementasikan melalui kegiatan terstruktur dan terprogram berupa pemberian materi dan pendampingan. Adapun topik yang dibahas adalah Lesson study, distribusi peluang, distribusi binomial, distribusi normal dan penerapannya di kelas. Kegiatan dijadwalkan selama bulan September-Oktober 2020 secara tatap muka. Namun, karena terjadi penurunan status menjadi zona merah bagi Painan, maka kegiatan dilaksanakan secara tatap layar hingga kondisi kembali pulih.

Kegiatan perdana pada Sabtu, 26 September 2020 dilaksanakan melalui zoom cloud meetings dengan dihadiri Kacabdin wilayah VII yang membawahi Kabupaten Pesisir Selatan dan Kabupaten Kepulauan Mentawai, Mahyan, S.Pd, MM yang sekaligus membuka kegiatan. Dalam sambutannya, Mahyan mengungkapkan rasa senang atas kepercayaan Tim memilih MGMP Matematika Kab Pesisir Selatan sebagai mitra pengabdian. Karena sebagai alumni matematika, beliau merasakan manfaat yang luar biasa bagi adanya kegiatan pengabdian dari dosen. Hal yang selaras dengan yang sebelumnya disampaikan Zurni Mardian, S.Si-Ketua MGMP Matematika SMA Kab Pesisir Selatan. Dian mengatakan bahwa ini adalah hadiah yang besar karena sejak tahun 2017 mengajukan permohanan sebagai mitra, baru tahun ini dikabulkan.

Kegiatan yang bertajuk Lesson Study ini disampaikan langsung oleh pakar Lesson Study Sumatera Barat yang juga sekaligus ketua tim. Ada tiga tahapan penting dalam lesson study, yaitu plan (perencanaan), do (pelaksanaan), dan see (refleksi). Pada saat plan, semua komponen yaitu guru model dan guru lainnya merancang pembelajaran secara spesifik, termasuk menyiapkan media dan peralatan penunjang lainnya untuk dimanfaatkan pada tahapan do. Berikutnya ketika do, kita tidak mengenal istilah tutup pintu di kelas selama pembelajaran berlangsung, ujar Syafriandi ketika menyampaikan gambaran singkat mengenai Lesson Study pada kegiatan PkM dengan MGMP Matematika Kabupaten Pesisir Selatan, Sabtu 26 September 2020. Dan pada see, dilakukan refleksi atas PBM, baik dari sisi kelemahan termasuk solusinya maupun kekuatannya dan perencanaan pembelajaran berikutnya yang dilakukan secara bersama-sama.

Kegiatan ini direncanakan dalam 6 pertemuan, yaitu pertemuan pertama mengenai lesson studi, dilanjutkan dengan pertemuan kedua mengenai distribusi peluang. Pada pertemuan ketiga dibahas distribusi binomial dan distribusi normal di pertemuan keempat. Sedangkan pada pertemuan kelima, dilaksanakan perancangan pembelajaran dengan tema Distribusi Peluang, Distribusi Binomial dan Distribusi Normal menggunakan konsep lesson study. Guru akan dibagi menjadi beberapa kelompok sehingga di akhir kegiatan diperoleh suatu model tertentu untuk suatu topik pelajaran.

Pada pertemuan terakhir direncanakan dilaksanakan open class, semua pihak, yaitu tim pelaksana PkM dan guru matematika melaksanakan suatu pembelajaran di suatu kelas di sekolah terpilih menggunakan materi yang telah dirancang pada pertemuan kelima. Seorang guru terpilih akan menjadi model teacher, dan sisanya menjadi observer. Di akhir sesi akan dilakukan refleksi terhadap pembelajaran yang dilakukan.

Kegiatan yang dibuka pada Sabtu 26 September 2020 masih akan terus berlanjut setiap Kamis selama bulan Oktober melalui zoom cloud meeting. Jika Pesisir Selatan sudah menaikkan status menjadi zona orange, apalagi hijau, maka direncanakan kegiatan ini akan berlangsung secara offline.

Print Friendly, PDF & Email