Dies Natalis UNP ke-66 merupakan Dies Natalis pertama yang dilaksanakan dalam jaringan. Serangkaian kegiatan dalam rangka peringatan kelahiran Universitas Negeri Padang, diantaranya bedah buku karya para dosen di setiap fakultas yang ada di UNP, webinar seminar nasional dan internasional hingga puncaknya dilaksanakan pada hari ini, Jumat 23 Oktober 2020 berupa upacara rapat senat terbuka yang juga diikuti dengan orasi ilmiah Menteri Koodinator Politik, Hukum dan Keamanan Republik Indonesia-Prof Dr Mahfud MD dan dihadiri berbagai kalangan, baik sivitas akademika UNP sendiri, pejabat dan pimpinan lembaga pemerintahan ataupun swasta dan berbagai kalangan lainnya.

UNP lahir pada 23 Oktober 1954 dengan mana PTPG Batusangkar (1954-1956). Kemudian pada periode 1956-1958 bernama FKIP Unand Bukittinggi di Batusangkar. Selanjutnya FKIP Unand Padang (1958-1964) dan IKIP Jakarta Cabang Padang (1964-1965). Pada tahun 1965 kampus ini menjadi kampus yang berdiri sendiri dengan nama IKIP Padang (1965-1999). Barulah pada tahun 1999 berganti menjadi Universitas Negeri Padang yang kita kenal hari ini.

Pada acara puncak ini, diberikan penghargaan kepada sivitas akademika UNP meliputi dosen, program studi, jurusan dan fakultas/lembaga atas prestasi mereka. Namun, karena penilaian yang bersifat berkesinambungan, penerima penghargaan baru dapat diumumkan untuk kategori Penyelenggara E-Learning Terbaik. Penilaian dilakukan terhadap persiapan perkuliahan selama 16 pertemuan yang dilaksanakan melalui elearning2.unp.ac.id. Dalam pengumuman yang disampaikan Wakil Rektor I Bidang Akademik, Dr. Refnaldi, M.Litt, dipilih 5 dosen terbaik pada setiap fakultas. Untuk Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, kelima dosen itu adalah

  1. Drs. Akmam, M.Si (Jurusan Fisika)
  2. Admi Salma, M.Si (Jurusan Statistika)
  3. Miftahul Khair, PhD (Jurusan Kimia)
  4. Dra. Murtiani, M.Pd (Jurusan Fisika)
  5. Zilrahmi, M.Si (Jurusan Statistika)

Prestasi yang luar biasa dari dosen-dosen Jurusan Statistika sebagai jurusan termuda di FMIPA. Selain itu, kedua dosen ini juga dosen termuda diatara para dosen penerima penghargaan. Adapun kriteria penilaian yang digunakan adalah kelengkapan bahan perkuliahan di elearning2.unp.ac.id untuk 16 pertemuan ke depan yang dipantau hingga pekan ke-2 perkuliahan.

Print Friendly, PDF & Email