Berawal dari membuat infografis untuk tugas dari MBKM pojok statistik di bulan Februari 2024, mahasiswa peserta magang MBKM di BPS Provinsi Sumatera Barat yang tidak lain adalah mahasiswa Departemen Statistika dan Matematika UNP. Mereka diminta membuat infografis memanfaatkan data dari BPS Sumbar yang diawali dengan penentuan judul. Pada tahap ini, mereka tidak dapat memilih judul sekehendak hati, namun harus lolos verifikasi Koordinator Pojok dari BPS. Setelah itu, baru mereka dapat melanjutkan pada tahap design menggunakan canva atau adobe illustrator, untuk selanjutnya diperiksa kembali oleh tim pojok. Hasil infografis ini disajikan pada Pojok Statistik Virtual https://pojokstatistik.bps.go.id/infographics.

Selanjutnya, menurut penuturan Muhammad Faisal, salah satu agen pojok statistika yang berasal dari Program Studi S1 Statistika UNP, kenapa bisa menang infografis? Jawabannya karena mereka para mahasiswa ini diwajibkan mengikuti webinar yang diadakan oleh BPS RI dengan Tim Pojok Statistik Pusat yang pada salah satu kesempatan mengusung tema “Cerita Infografis”.

Di akhir webinar, lanjut Faisal, panitia webinar mengumumkan perihal lomba infografis yang dimaksud. Demikian pula dengan persyaratannya sebagaimana yang tersaji pada gambar berikut.

Infografis yang diuploud peserta di instagram merupakan infografis yang mereka buat pada saat permulaan magang. Sehingga pada periode lomba, tugas mereka hanya mencari sebanyak mungkin teman untuk like postingan infografis mereka di instagram hingga 5 April 2024. Sedangkan pengumuman pemenang dilaksanakan pada 18 April 2024, yang mana tim pojok statistik pusat mengumumkan pemenang terbaik dan terfavorit.

Dalam kategori peserta terbaik, Muhammad Faisal berhasil meraih juara ke-2 sekaligus sebagai peserta tervavorit ke-2. Infografis yang dirancangnya mengenai Perkembangan Nilai Tukar Petani Provinsi Sumatera Barat, Januari 2024, dapat diakses pada https://pojokstatistik.bps.go.id/storage/infografis/file_20240301114153.jpg. Sedangkan rekannya, Ulya Syafitri J menyabet juara terfavorit 1 mengalahkan kontestan lainnya. Adapun karya Ulya mengenai Keadaan Ketenagakerjaan Provinsi Sumatera Barat Agustus 2023 dapat dilihat pada https://pojokstatistik.bps.go.id/storage/infografis/file_20240301153511.jpg.

Selamat dan semoga banyak prestasi membanggakan lainnya lahir untuk UNP Jaya.

Print Friendly, PDF & Email