Menindaklanjuti pendirian teaching factory statistika, dikembangangkan pembukaan skema sertifikasi kompetensi bidang kestatistikaan. Dalam rencana awal, telah dipersiapkan proposal pembukaan skema sertifikasi data analis. Untuk mewujudkan hal itu, dihadirkan Dr. Ir. Mulya Gusman, S.T, M.T-Koordinator  Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) dan Kepala Pusat Sertifikasi Kompetensi dan Profesi LP3S UNP bersama Ketua Komite Skema, Pasaribu, SST.Par, M.Si.Par.

Dalam workshop dan bedah proposal yang dilakukan Jumat, 26 April 2024 di Guest House UNP Lubuk Minturun yang dibukan oleh Wakil Dekan 1 FMIPA, Dr. Yuni Ahda, M.Si, disampaikan kedua narasumber berbagai hal terkait skema uji kompetensi. Pengusul harus memperhatikan SKKNI yang dijadikan rujukan. Selain itu, skema yang dibuka juga harus selaras dengan asesi sasaran. Apalagi, LSP UNP yang merupakan LSP P1 yang memiliki sasaran utama mahasiswa harus memperhatikan kebermanfaatan sertifikat ini ketika mereka telah menjadi alumni.

Mengingat telah adanya beberapa asesor kompetensi bidang data science di Departemen Statistika, sayang jika Departemen Statistika tidak memiliki skema tersendiri di bawah LSP UNP. Selanjutnya berdasarkan bedah per item proposal yang telah dirancang, disarankan Pasaribu untuk mengembangkannya menjadi 3 skema. Ketiga skema yang dimaksud adalah Data Managemen, Data Analis, dan Data Scientist.

Revisi proposal langsung dilaksanakan tim pada sesi berikutnya. Direncanakan pekan depan akan dikirim ke LSP untuk disubmit ke BNSP bersama skema lainnya di UNP. Dalam prakteknya, setelah proposal disubmit, akan ada verifikasi oleh pusat, selanjutnya akan ada ujicoba, lalu penambahan ruang lingkup, dan witness. Kegiatan witness akan menandai dimulainya uji kompetensi pertama atas skema yang diajukan.

Print Friendly, PDF & Email