Bersama dosen pembimbing mengunjungi mahasiswa departemen statistika UNP yang magang di kantor BPS Sumatera Barat. Tidak terasa, magang 6 bulan yang dilaksanakan mahasiswa di BPS Sumatera Barat sudah hampir selesai. Beberapa prestasi yang diraih mahasiswa selama kegiatan magang, salah satunya yaitu meraih juara 1 dalam lomba infografis yang diadakan oleh BPS RI bersama Tim Pojok Statistika Pusat. Selama kunjungan berlangsung, sesi diskusi bersama dengan supervisor dan dosen diikuti oleh mahasiswa, diskusi ini juga sekaligus mengarahkan proses bimibingan laporan magang yang nantinya menjadi salah satu penilaian yang tertera pada Panduan Magang.

Magang yang dilaksanakan selama 6 bulan ini setara dengan 20 sks. Kurikulum Prodi S1 Statistika memuat mata kuliah teori dan praktek yang menunjang keahlian dalam pengolahan data yang diharapkan dapat diterapkan dalam dunia kerja nantinya. Dalam usaha untuk mencapai tujuan tersebut dan berpedoman pada Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nomor 53 Tahun 2023 tentang Penjaminan Mutu Pendidikan Tinggi Pasal 18 Ayat 4, dan Keputusan Direktur Jendral Pendidikan Tinggi Nomor 173/E/KPT tahun 2023, maka Prodi S1 Statistika menyediakan kegiatan Magang bagi mahasiswa yang dilaksanakan selama 6 bulan (1 semester) atau setara 20 sks. Sehingga mahasiswa mempunyai pengalaman langsung di lapangan.

Melalui kegiatan Magang dapat memberikan kesempatan kepada mahasiswa turun ke lapangan untuk mengenal lebih dekat dunia kerja. Kegiatan Magang ini akan memberikan pengalaman kepada mahasiswa untuk mengelola data yang ada di tempat pelaksanaan Magang. Mahasiswa diharapkan dapat mengetahui, mendalami, dan sekaligus menerapkan ilmu yang telah diperoleh selama menempuh kuliah. Mahasiswa juga diharapkan mampu memperoleh wawasan yang lebih luas tentang pengelolaan data yang ada di dunia kerja.

Print Friendly, PDF & Email